Senin, 30 November 2009

Contoh Naskah Rekaman Audio

NASKAH AUDIO


Musik : Down- up- down
Ann : Assalamualaikum wr, wb
Inilah siaran radio pendidikan Agama Islam yang dikembangkan dan dikelola oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Siaran ini ditujukan kepada siswa MI di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.
Musik : Down- up
Ann : Selamat berjumpa kembali anak-anak MI kelas V.
Pada kesempatan kali ini kami hadir memberikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sub bidang studi FIKIH dengan materi pokok ”INFAK DAN SEDEKAH”.
Musik : Down- up
Ann : Setelah selesai mendengarkan program ini, kalian akan dapat :
a. Menjelaskan arti sedekah
b. Menjelaskan arti infak
c. Membedakan sedekah dan infak
d. Menjelaskan manfaat sedekah dan infak
e. Membiasakan sedekah dan infak
Baiklah, sekarang mari kita dengarkan dialog yang terjadi di kelas V antara seorang guru Pendidikan Agama Islam yang bernama Bu Iis dengan murid-muridnya.
Musik : Down- Up- Down
Narator : Pagi itu anak-anak kelas V sedang mengikuti pelajaran Fikih. Selagi mereka asyik mendengarkan penjelasan bu Iis, datanglah seorang murid kelas VI mengetuk pintu dengan membawa kardus bertuliskan kotak sedekah.
Musik : Down
” tok..tok..tok..!”
Bu Iis : “Yaa….silahkan masuk…”
Narator : Kemudian murid kelas VI tersebut masuk dan minta ijin kepada Bu Iis untuk menyampaikan sebuah pengumuman. Dan Bu Iis pun mengijinkan.
Nia :”Assalamu’alaikum, Teman-teman...dini hari tadi telah terjadi banjir bandang di kecamatan Panti, kabupaten Jember, Jawa Timur. 27 orang dinyatakan meninggal. Puluhan orang luka-luka. Sementara ratusan orang masih belum diketahui keberadaanya, untuk itu teman-teman diminta kerelaanya untuk membantu saudara-saudara kita tersebut semampu kita, dalam bentuk apa saja”.
Musik : Down- Up
Narator : Mendengar pengumuman tersebut, keceriaan anak-anak langsung hilang seketika dan timbul perasaan terharu di hati mereka masing-masing, hingga timbul rasa ingin membantu di hati mereka. Kemudian ketua kelas pun mengambil kotak sedekah tersebut dan berjalan mengelilingi teman-teman satu persatu.
Murid kelas V pun sebagian besar memberikan sebagian uang saku mereka untuk membantu korban bencana alam tersebut. Setelah selesai mengumpulkan sumbangan tersebut maka ketua kelas memberikan kembali kotak sedekah itu kepada Nia.
Musik : Down
Nia : ”Terimakasih teman-teman atas kepedulian kalian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana banjir, semoga amal teman-teman diterima oleh Allah SWT. Amin. Wassalamu’alaikumwarahmatullahi wabarakatuh”.
Musik : Up- Down- Up
Narator : Kemudian Nia mengucapkan terima kasih kepada Bu Iis dan meninggalkan kelas.
Musik : Down
Ibu Iis : ”Anak-anak,......Apa yang telah kalian lakukan adalah salah satu contoh tentang amalan yang disebut dengan sedekah. Sedekah adalah memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain. Berbeda dengan infak anak-anak.....Infak adalah mengeluarkan sebagian harta untuk kemaslahatan umum sesuai dengan perintah Islam.
Diyah : ”Lantas apa perbedaan antara sedekah dan infak bu....?”
Ibu Iis : ”Pertanyaan yang bagus Diyah…Perbedaan antara infak dan sedekah adalah kalau sedekah lebih bersifat khusus. Sasaran sedekah biasannya perorangan. Jadi bila kalian memberi uang kepada seorang pengemis di jalan, ini disebut dengan sedekah. Jika ada teman kalian yang memberikan makanan kepada seorang anak jalanan bisa juga disebut dengan sedekah. Sementara infak lebih umum sifatnya. Biasanya sasaran infak bukanlah orang-orang, namun lembaga atau yayasan. Contohnya, berinfak kepada yayasan panti asuhan, panitia pembangunan masjid, panitia pembangunan sekolah dll.”
Rani :”Terus manfaat dengan semua itu apa bu?...kok repot-repot mengeluarkan uang, kan sayang mending buat jajan es krim...”
Musik : Up-Down
Diyah : ”Sesuatu yang baik, tentu ada manfaatnya. Begitu juga dengan sedekah dan infak. Sedekah dan infak sangat banyak gunanya. Baik untuk yang memberi maupun yang menerima, benar kan bu....???”
Bu Iis : ”Benar....Sedekah dan infak itu ada manfaatnya. Yaitu menciptakan kerukunan serta kasih sayang terhadap sesama manusia, mengembangkan sarana untuk kemaslahatan masyarakat, memperpanjang umur dan menghilangkan sifat sombong, sebagai bekal untuk kehidupan akhirat, mendapat pahala dari Allah dll....”
Musik : Up- Down- Up
Narator : Demikian dialog yang terjadi di kelas V pagi itu.
Musik : UP- Down
Narator : Setelah anak-anak menyimak dialog yang terjadi di kelas V tadi tentu kalian bisa mengambil kesimpulan mengenai pengertian, perbedaan, dan manfaat dari infak dan sedekah. Sehingga kalian bisa membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Musik : Up- Down
Ann : Demikianlah siaran radio pendidikan Agama Islam yang dikembangkan dan dikelola oleh mahasiswa fakultas tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, semoga bermanfaat bagi anak-anak MI kelas V. Amin.
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.
Musik : Up- Down

Tidak ada komentar:

Posting Komentar