Sabtu, 21 November 2009

Media Presentasi 1

PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI

PENGANTAR

Selamat bertemu melalui modul berjudul Pembuatan Media Presentasi ini. Materi utama yang dibahas dalam modul ini adalah langkah-langkah pembuatan media presentasi, yaitu perencanaan, penulisan naskah, produksi, peer review dan revisi serta finalisasi. Sebagai penunjang, dalam modul ini juga diperkenalkan beberapa perangkat lunak (software aplikasi) yang dapat digunakan serta prinsip-prinsip dasar pembuatan media presentasi.

Dengan mempelajari modul ini diharapkan Anda mampu mengembangkan bahan media presentasi yang menarik dan efektif untuk pembelajaran. Lebih dari itu, diharapkan juga Anda akan dapat menularkan kemampuan Anda itu kepada para guru lain yang menjadi sasaran akhir pelatihan pemanfaatan TIK.

Pembahasan materi dalam modul ini disajikan secara singkat, hanya merupakan garis besar saja. Pada saat Anda menjadi tutor, diharapkan Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta pelatihan di lapangan. Penyajian materi modul ini dilandasi asumsi bahwa para Anda telah memiliki kemampuan dasar dan pengalaman dalam pembuatan media berbasiskan komputer. Materi yang dibahas di modul ini sifatnya sekedar sebagai penyegaran, panduan kegiatan belajar dan pancingan diskusi saja.

Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar atau dua bagian. Kegiatan belajar 1 membahas tentang pengenalan beberapa perangkat lunak (software aplikasi) yang dapat digunakan dalam media presentasi, serta prinsip-prinsip dasar pembuatan media presentasi untuk pembelajaran. Kegiatan belajar 2 membahas tentang langkah-langkah pembuatan media presentasi untuk keperluan pembelajaran.

Untuk memudahkan Anda mempelajari modul ini, sebaiknya terlebih dahulu Anda mempersiapkan hadware dan software pendukung pembuatan media presentasi, misalnya seperangkat komputer multimedia dengan spesifikasi: minimal setingkat Pentium II , Memory minimal 256 Mb, Harddisk 1 Gb, sedapat mungkin dilengkapi dengan speakers aktif, dan monitor ukuran 640 x 480 pixels dengan warna 16 bit. Sedangkan untuk software pendukungunya Anda bisa menggunakan Operating Sistem (OS) apa saja seperti Linux atau Windows. Kemudian jenis software aplikasi bisa Anda gunakan Program OpenOffices seperti Program Impress atau Microsoft PowerPoint XP 2003.

Ingat, isi modul ini bersifat praktis dan mengajak Anda untuk banyak melakukan aktifitas selama pelatihan. Tujuannya, agar peserta pelatihan dapat benar-benar menguasai kompetensi yang diharapkan dari modul ini. Semoga Anda bisa mencapai kompetensi tersebut. Selamat belajar.

Metodologi Kebutuhan peralatan

  1. Brainstorming 1. LCD projector
  2. Diskusi pola sajian dan metode 2. Laptop/PC
  3. Kerja kelompok, pembuatan naskah 3. Buku mata pelajaran atau

media presentasi buku pegangan guru

  1. Simulasi presentasi 4. Alat tulis
  2. Praktek pembuatan media presentasi 6. Lembar kerja
  3. Finalisaisi

KEGIATAN 1 _______________________________________________

PENGENALAN PENGEMBANGAN

MEDIA PRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN.

1. Apakah media presentasi itu ?

Sebenarnya, hampir semua jenis media pada dasarnya dibuat untuk disajikan atau dipresentasikan kepada sasaran. Yang membedakan antara media prsentasi dengan media pada umumnya adalah bahwa pada media presentasi pesan/materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji (proyektor). Pesan/ materi yang dikemas bisa berupa teks, gambar, animasi dan video yang dikombinasi dalam satu kesatuan yang utuh.

Pada dasarnya media presentasi yang menggunakan program komputer ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Berbeda dengan transparansi OHP tidak bisa menampilkan unsur audio visual, maka media presentasi dengan program komputer ini, kita bisa menampilkan unsur audio-visual dalam pembelajaran.

Berkat keefektifannya dalam menyajikan pesan, maka saat ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran. Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.

Diskusikan!

Coba diskusikan bersama teman-teman Anda, apa saja kelebihan dan kekurangan media presentasi berdasarkan pengalaman Anda mengajar di sekolah selama ini.

Kelebihan media presentasi:

  • ...................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .......................................................................................................

Kelemahan media presentasi:

  • .............................................................................................................................
  • .............................................................................................................................
  • .............................................................................................................................

2. Program aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membuat media presentasi?

Saat ini pengembangan dan penggunaan program presentasi multimedia telah berkembang pesat. Banyak jenis perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk membuat media presentasi. Jenis software aplikasi yang sifatnya open source misalnya: Program Impress yang ada pada OpenOffice. Selain itu, banyak pula jenis software aplikasi yang harus membeli (tidak gratis), misalnya: Program Visual Basic, Makromedia Flash, Direktor, Authorware, Dream Weaver, dan masih banyak lagi. Diantara sekian banyak jenis software tersebut, salah satunya yang biasa digunakan di kalangan pendidik (khususnya guru) adalah Microsoft Powerpoint yang dikeluarkan oleh perusahan software Microsoft.

Mungkin Anda juga telah terbiasa menggunakan program Microsoft PowerPoint untuk membuat media presentasi. Program ini cukup populer karena sebagian besar komputer yang ada di sekolah sudah diinstal Microsoft Office (yang salah satunya memuat aplikasi PowerPoint) sehingga kita tinggal menggunakannya.

3. Prinsip-Prinsip Pengembangkan Media Presentasi untuk Pembelajaran.

Pengembangan media presentasi harus dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran. Beberapa prinsip berikut perlu Anda pertimbangkan ketika akan mengembangkan media presentasi.

· Harus dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan instruksional, karena padasarnya media presntasi yang kita bahas di modul ini adalah untuk keperluan pembelajaran. Jika kita tidak menerapkan prinsip ini, maka bahan presentasi yang kita hasilkan akan menjadi tidak efetif untuk mencapai tujuan pembneleran. Atau malah mirip seperti bahan presentasi untuk informasi pada umumnya.

· Harus diingat bahwa media presentasi berfungsi sebagai alat bantu mengajar, bukan merupakan media pembelejaran yang akan dipelajari secara mandiri oleh sasaran. Media presentasi kurang cocok digunakan sebagai bahan belajar yang bersifat pengayaan. Ini berbeda dengan program multimedia inteaktif. Oleh karena itu pesan-pesan yang disajikan dalam media presentasi sebaiknya dibuat secara garis besa dan tidak detail, sebab penjelqasan secara detail akan disajikan oleh penyajinya atau guru.

· Pengembang media presentasi seyogyanya mempertimbangkan atau menggunakan secara maksimal segala potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh jenis media presentasi ini. Unsur-unsur yang perlu didayagunakan pada pembuatan media presentasi ini antara lain memiliki kemampuan untuk menampilkan teks, gambar, animasi, dan unsur audio-visual. Sedapat mungkin unsur-unsur tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam pembuatan media poresentasi yang akan dibuat.

· Prinsip kebenaran materi dan kemenarikan sajian. Materi yang disajikan harus benar substansinya dan disajikan secara menarik pula.

Apakah menurut Anda masih ada prinsip-pnsip lain yang perlu ditambahkan? Silakan tulis point-point penting hasil diskusi tersebut pada kotak berikut ini !


  1. Teknik Penulisan Naskah pada Media Presentasi

Kegiatan yang Anda lakukan pada saat menulis naskah media presentasi adalah menguraikan pokok-pokok materi sesuai tujuan yang telah dirumuskan. Agar materi tersebut dapat dituangkan ke dalam media presentasi dengan baik, maka berikut ini ada beberapa teknik atau rambu-rambu yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

· Tentukan topik sesuai dengan materi yang akan di sampaikan

· Siapkan materi yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan

· Identifikasi bahan-bahan materi tersebut untuk diseleksi mana yang sesui dengan karakteristik media presentasi. Ingat tidak semua materi tersebut cocok untuk dituangkan melalui media presentasi.

· Tulis materi yang telah dipilih dalam kalimat yang singkat dan hanya memuat poin-poin penting saja. Penulisan penjelasan yang panjang lebar sangat tidak dianjurkan dalam penulisan naskah media presentasi.

· Tuangkan pesan-pesan yang disajikan dalam berbagai format seperti teks (kata-kata), gambar, animasi atau audio-visual.

· Pastikan bahwa materi yang ditulis telah cukup lengkap, jelas dan mudah dipahami oleh sasaran.

· Sajikan isi matreri secatra urut dan sistematis agar pesan yang disampaikan akan lebih mudah dipahami user.

Selain, rambu-rambu tersebut, mungkin masih ada saran-saran lain yang perlu Anda sampaikan dalam penulisan naskah media presentasi ini. Diskusikan dan tulis saran-saran tersebut pada kotak beriku ini.


Tugas:

Setelah Anda memahami prinsip dan teknis penulisan naskah media presentasi, sekarang silakan Anda mencoba membuat naskah untuk beberapa frame saja, sesuai dengan format berikut. (Sementara tidak perlu menggunakan komputer, tulis secara manual saja pada kertas kerja Anda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar