Sabtu, 21 November 2009

Pembuatan Media Presentasi 2

4. Beberapa Tips Pembuatan Presentasi

Sebelum membuat media presentasi menggunakan komputer, biasakan untuk membuat naskahnya terlebih dahulu (secara manual). Naskah tersebut merupakan draft atau rancangan, yang selanjutnya dapat Anda gunakan dalam pembuatan media presentasi dengan program Power Point. Dengan dibuatnya naskah tersebut, maka ketika Anda ingin memproduksi dengan komputer, Anda sudah tidak lagi memikirkan sistematika materinya dan akan terhindar dari kesalahan materi.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan pada saat membuat/memproduksi naskah menjadi media presentasi dengan menggunakan PowerPoint, yaitu sebagai berikut:

Ø Pilih jenis huruf (font) yang tingkat keterbacaannya tinggi, misalnya Arial, Verdana, atau Tahoma. Gunakan ukuran huruf (font size) 17- 20 untuk isi teks, sedang untuk sub judul 28 dan untuk judul 30.

Ø Untuk memperjelas dan memperindah tampilan, gunakan variasi warna, gambar, foto, animasi atau video.

Ø Area tampilan frame yang ditulis jangan melebihi ukuran 16x20 cm

Ø Usahakan dalam satu slide /frame tidak memuat lebih dari 18 baris teks.

Ø Dalam satu frame usahakan hanya berisi satu topik atau sub topik pembahasan

Ø Beri judul pada setiap frame atau tampilan

Ø Perhatikan komposisi warna, keseimbangan (tata letak), keharmonisan, dan kekontrasan pada setiap tampilan sangat penting untuk medoa presentasi.

Ø Variasi warna memang diperlukan, tetapi harus juga diperhatikan prinsip kesederhanaan. Artimya dalam membuat media presentasi jangan membuat tampilan yang terlalu rumit, rame dan penuh warna-warni, karena hal itu justru akan mengganggu pesan utama yang akan disajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar